Tuesday 8 March 2016

Gerhana matahari total 2016

Halo bunda

Hari ini, hari rabu tanggal 9 maret 2016, gerhana matahari total diperkirakan terjadi.

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan melintas langsung di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan bayangan jatuh menimpa Bumi. (lebih jauh tentang gerhana matahari total bisa mengunjungi situs https://www.theguardian.com/science/2016/mar/08/gerhana-matahari-total-di-indonesia-2016-cara-dan-waktu-menyaksikannya )

Beberapa situs menyebutkan, moment langka ini membuka peluang wisata  menyaksikan gerhana matahari, khususnya di daerah yang dilewati gerhana matahari total, dimana di daerah tersebut gerhana matahari total akan terlihat jelas walau hanya beberapa menit, daerah tersebut antara lain palu, bangka belitung.

Saya saat menulis tulisan ini, masih pukul 5.55 pagi hari, gmt di daerah saya, wiradesa pekalongan belum menampakkan tanda-tandanya. Dan memang sepertinya gerhana matahari total tidak terlihat jelas di pulau jawa.

Bagi umat muslim sendiri, saat terjadi gerhana matahari total di anjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah muakkad yaitu sholat  2 rakaat ,dimana sholat sunah ini mempunyai ciri2 pada saat melakukan ruku', yaitu 2 ruku' disetiap rakaatnya.
Sunnah muakkad adalah sunnah yang diutamakan.

Saya sendiri sudah merasakan kegelapan sejak pukul 3.00 dinihari,hahaha.... dimana pulsa listrik habis, sampai pagi ini belum bisa isi pulsa listrik, karena sejak selasa, tanggal 8 maret 2016 ,pukul 20.00 internet saya mati ( kadangkala saya beli pulsa listrik melalui internet banking). Menjadi sempurna,  saat pukul 05.00 menyadari bak penampungan air kosong!
Wow!! Ini kesempurnaan kengenesan, hahaha...listrik tak ada, internet tak ada, air tak ada.

Disini saya berpikir, sungguh kehidupan sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya listrik.  Sumber energi yang tidak bisa diperbarui ini, membuat manusia berlomba untuk menghasilkan listrik dari berbagai sektor sumber daya alam, seperti air (PLTA), uap(PLTU), Nuklir (PLTN).

Hahahaha...sebetulnya saya ini sedang mengulas gerhana matahari total atau sholat sunnah gerhana , atau listrik ya...engga jelas amat.
Apapun itu saya harap ada manfaat untuk para pembaca yang berkenan membaca tulisan saya ini.

Oke bunda, saya sudah agak pusing mikir ini listrik belum nyala juga, kabur dulu dhe beli pulsa listrik di tetangga.

Hemat listrik ya bun...hemat energi...dan ujung2nya hemat pengeluaran rumah tangga ^0^

Note:
tulisan ini dipublikasikan setelah saya ganti provider sementara.

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting my blog
Feel free to leave any comment in my post
And Thx you for reading
^^