Sunday 21 February 2016

Jajanan jaman jadul

Pernahkah mendengar jajanan dengan judul cenil, gebral, blendung, growol?

Waktu saya kecil, jaman masih pake seragam putih merah ..sekitar tahun 1980-an, penjual jajanan ini bertebaran dimana-mana, seingat saya waktu itu 1 bungkus dijual seharga Rp 25,-
Biasanya penjual jajanan ini mulai berdagang selepas ashar...teman minum kopi atau teh hangat...hmmmm...

Seiring berkembangnya jaman, saya sendiri sudah mulai melupakan jajanan ini, penjualnya pun mulai menghilang satu persatu...Tetapi masih tetap ada yang menjual jajanan ini walau tak banyak.

Saya mulai mengenal crepes saat seragam sekolah sudah berwarna putih biru, dan jangan mengira crepes ini dijual di setiap sudut jalan seperti saat ini...tahun 1990 an, untuk menikmati crepes yang lezat ini harus menunggu oleh2 dari papa kalau beliau pulang dari semarang, belum tentu 1 tahun sekali makan jajanan ini. Untuk yang tinggal di kota besar, mungkin tidak sulit menjumpai makanan ini, tapi untuk yang tinggal di desa seperti saya, selain susah didapat, jelas ini kategori makanan mewah untuk saya pribadi...

Saat Seragam sekolah saya berwarna putih abu-abu, saya mengenal sosis bakar, masih ingat sekali pertama mengenalnya di taman safari bogor, hehehe....duuuh dikampung saya belum ada jajanan ini...

Selepas masa putih abu2, alhamdulillah saya punya kesempatan untuk kuliah di kota solo, disini saya mulai mengenal makanan2 yang aduuuuh di kampung ga kebayaaaaang ada....makanan keren dan terkeren waktu itu adalah steak...yeaaah...steak, sepotong daging ayam atau sapi yang dipanggang, disajikan berendam di saus kentalnya...ditemani sayuran wortel dan buncis rebus serta kentang goreng....cara makannya menggunakan pisau.
wow...saat itu bener2 wow...dengan muka blo'on memandangi 1porsi steak dan pisau yang mendampinginya, hati kecil ini bertanya gimanaa caraa ni makanan ajaib masuk di mulut saya...
Teteeeeep dooonk rasa jaim itu ada, apalagi saya belum begitu mengenal rombongan saya yang notabene temen 1 kos.
 Ceritanya waktu itu saya baru menjadi mahasiswa ngekos, dan salah satu penghuni kos ada yang ulang taun, mengikuti tradisi yang ada, tempat kos ku selalu ngumpul saat salah satu penghuni kos ada yang ulang tahun.

saya memandangi makanan didepan saya..dan mata melirik kanan kiri melihat gerak gerik teman2 kos saya yang sudah sangaaaaaaat santai menghadapi jenis makanan ajaib ini...yeaaah...seumur2 baru melihat makanan dengan pisau bersanding bersama di meja...
Sooooo.....seperti perempuan jaim lainnya, saya tiru saja gerak gerik teman yang duduk didepan saya ....hmmm....tak sulit..saya berhasil mengiris daging steak dengan potongan kecil, dan sukses memasukkannya ke dalam mulut tanpa keliru antara daging dan pisau...what????!! Hehehe
mari qta makan....nyam nyam nyam...

Setelah mengenal makanan ini, jiwa makan memakan saya mulai berkembang, hahaha....mulailah mengenal pizza, burger, hotdog, ayam tepung yang sangat berkelas banget, dan donut yang paling keren diseluruh dunia waktu itu....

Sekarang di tahun 2016, makanan2 ajaib itu sudah bertebaran di kampung saya, walo bukan dari merk2 dunia...secara kampung ya kampung....heheheh....
Popularitas makanan ini menggeser para cenil, para gebral, para blendung, para growol...

Saat kangen makanan ini, saya suka berburu ke pasar, tapi tetap kadang tidak menemukan jajanan ini.

Tetapiiiii, saya sekarang sudah bisa melepas kangen dengan jajanan jadul ini...tetangga saya beberapa bulan ini jualan jajanan ini tiap ashar, sepertinya hanya dia yang jualan ini, penjual makanan yang lain sudah jualan crepes,  martabak mini, sosis bakar, burger, hotdog, dan kebab

Sore ini, mendung hujan rintik2...saya melangkah kesana, membeli beberapa bungkus jajanan untuk anak saya, mama papa saya, dan adik saya....cenil, gebral, blendung, ketan biru, menemani indahnya suasana sore ini, dengan ditemani secangkir teh....
Oh ya...jajanan jadul ini sekarang harganya Rp 1.500,- perbungkus.

Masih adakah jajanan ini di kota mu? ★


No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting my blog
Feel free to leave any comment in my post
And Thx you for reading
^^